Wednesday, October 5, 2011

Materi tanggal 23 September 2011 ( Segmentasi Pasar )

SEGMENTASI PASAR

Dalam memenuhi kebutuhan pasar, tim pemasaran dan periklanan selalu mengadakan suatu survei dan segmentasi pasar akan sangat membantu.
Tujuan dari segmentasi pasar adalah produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.

METODE DAN VARIABEL DALAM SEGMENTASI PASAR

  • Demografis : usia, gender, ukuran keluarga, tahap siklus,pendapatan, agama, pendidikan,dll.
  • Geografis: daerah, ukuran populasi, kepadatan, iklim.
  • Behavioristis : manfaat-manfaat yang dicari, kegunaan, volume, loyalitas produk.
  • Psikografis : gaya hidup, kepribadian.
Segmentasi demografis terkait dengan daya beli konsumen, terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku.
Segmentasi geografis terkait perbedaan kebutuhan dan perilaku masyarakat disetiap daerah.
Segmentasi behavioristis terkait bagaimana para perusahaan dapat membagi suatu pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, pengunaan volume dan loyalitas produk.
Segmentasi psikografis,didasarkan gaya hidup atau kepribadian.

4 Jenis Pasar

  1. Consumer, untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga sehari-hari.
  2. Bussiness to bussiness, perusahaan-perusahaan yang memberli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
  3. Instutional market, pasar yang terdiri dari perusahaan laba atau non laba.
  4. Reseller, merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual pembeli dan mengambil keuntungan darinya.
ADVERTISING

Memberikan informasi tentang produk atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menentukan pilihan yang relevan.

JENIS IKLAN
  • Iklan komersial,
    iklan yang bertujuab mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa, biasanya disebut dengan commercial, biasanya dikomunikasikan melalui media-media konvension maupun new media.
  • Iklan nonkomersial,merupakan bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuab "menjual" gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat.'
  • Iklan corporate, iklan yang bertujuan membangun citra (image) suatu institusi atau perusahaan dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atas jasa atau produknya.

1 comment:

  1. 1xbet korean online sports betting
    1xbet korean online sports betting · 1xbet korean online sports betting · 1xbet 1xbet mobi korean online sports betting · 1xbet korean online sports betting · 1xbet korean online

    ReplyDelete